Selasa, 12 November 2013

MEDIA INTERAKSI ORANG TUA

       Anak Balita dapat tumbuh kembang dengan baik bilamana keluarga terutama orang tuanya dapat mengasuh dan mendidik dengan baik pula.  Untuk mendidik anak balita, diperlukan sarana atau alat bantu yang dapat digunakan oleh orang tua/ keluarga.

       

       Yang dimaksud dengan alat/media interaksi dalam mendidik Balita adalah semua jenis alat bantu yang dapat dipergunakan oleh orang Guru, orangtua/keluarga untuk merangsang dan mendorong proses belajar anak dengan cara yang tepat dan menyenangkan.

       Banyak kemampuan dari anak, seperti kemampuan berfikir, berbicara, bergaul dan keterampilan gerak yang mungkin masih terpendam.  Agar kemampuan-kemampuan tersembunyi ini dapat dimunculkan dan dimanfaatkan dalam kegiatan sehari-hari secara lebih baik, maka anak balita perlu alat bantu pendidikan dalam betuk benda-benda untuk mendukung aktifitas belajar sambil bermaian.  Dengan adanya alat/media belajar/bermaian yang digunakan secara tepat serta suasana bermain/lingkungan yang menimbulkan rasa senang dalam diri balita pada saat mengunakanya, maka diharapkan proses belajarnra akan berjalan lancar.
 
       Perlu diketahui bahwa banyak sekali sekali manfaat atau kegunaan dari alat bantu/media interaksi ini diantaranya :
  1.  Dapat lansung mempengaruhi panca indera dan otot-otot badan serta gerakan anak seperti bermaian bola plastik,boneka, mobil-mobilan , permaianan alat memasak dll.
  2. Memberikan kebebasan dan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman-pengalaman baru, baik yang dialami sendiri oleh anak maupun yang dilihatnya, misalnya melalui bermaian dilingkungan sekitar anak misalnya disungai,kebun, sawah, laut, gunung,peternakan, kolam ikan dll.
  3. Mengakrabkan hubungan orang tua/keluarga dengan anak. Ketika mengunakan benda/alat permaianan, atau ketika bernyanyi anak akan terjadi hubungan antara anak dengan orang tua/ keluarga. Perasaan sayang, saling berbicara, saling mengajar akan terjai bila anak dan orang tua/ keluarga lebih sering berada bersama-sama.
        Ada 3 kelompok jenis media interaksi yaitu :
  • Dongeng dan cerita
  • Musik dan lagu/nyanyian dan gerak
  • Kegiatan bermain
  • Alat permaian


                  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar